Profil BONSAI BF: Penangkaran Blackthroat (BT) milik Om Priya Uthama

Viewer:5215

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kegiatan beternak saat ini sudah menjadi hal yang umum, bahkan sebagian besar peternak justru menjadikan kegiatan tersebut sebagai pekerjaan utamanya. Tak sedikit yang gagal, tapi banyak pula yang berhasil, semuanya tergantung dari manajemen (planning), pengalaman dan konsistensi si peternak itu sendiri.

Blackthroat burung unik bersuara merdu
Blackthroat burung unik bersuara merdu

Lepas dari itu semua biasanya beternak didasari oleh 1 atau 2 alasan yang melatarbelakanginya, seperti yang dialami Om Priya Uthama atau lebih dikenal dengan nama panggilan Om Uut. “Awalnya saya sendiri memulai beternak BT karena merasa ruangan yang digunakan untuk memaster anakan kenari tersia-siakan, jadi dari pada hanya digunakan untuk pemasteran saja mending ruangan tersebut saya gunakan sekalian untuk beternak BT, ” tutur Om Uut.

Om Uut sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan dunia beternak burung, karena sebelumnya beliau sudah punya pengalaman dalam beternak burung kenari. Pria yang dikenal ramah dan sangat mudah bergaul ini selain punya hobi dengan burung berkicau, beliau juga seorang penghobi tanaman bonsai.

Anakan BT yang sudah keluar sarang
Indukan BT dan anakannya di Bonsai BF

“Saya memulai beternak BT sejak Agustus 2014 kemarin, itupun saya mulai dengan 1 pasang terlebih dahulu, karena mengingat waktu merawat saya yang sempit, maklum soalnya masih menjadi pegawai kantoran”, kata Om Uut. 

Om Uut pun mulai serius mendalami beternak BT salah satunya dengan membuat ring indentitas farm dengan nama BONSAI BF, nama yang terinspirasi dari hobi dengan tanaman bonsai yang juga masih ditekuninya sampai hari ini. Untuk lokasi ternak sendiri berada di Bintaro – Tangerang Selatan. Baca juga: Indentitas Ring SKC JGJ BF “Sekar Kencana Canary”

Ring Bonsai BF milik Om Uut (Priya Uthama)
Ring Bonsai BF milik Om Uut (Priya Uthama)

Kami infokan terlebih dahulu bahwa Blackthroat (BT) yang dengan nama latin Serinus Atrogularis ini merupakan satu ras dengan burung Kenari yang dari segi pakan hampir tidak jauh berbeda yaitu bijian dan sangat menyukai sayuran segar. Kicauan burung ini juga sangat khas, merdu, unik serta ngeroll dengan speed yang rapat mengkristal. Jadi banyak pecinta burung kenari yang menggunakan jenis burung ini untuk dijadikan master isian.

Setelah memiliki 1 pasang indukan BT, baru sekitar bulan Desember hasilnya sudah mulai tampak keliatan, di mana indukan sudah mulai lancar berproduksi, satu persatu anakan pun mulai dipanen dan diperjual belikan. “Saya saat ini hanya baru bisa menjual kepada kerabat dekat saja. Untuk harga jual sekitar 1 jt’an untuk usia anakan 30 harian”, tandas om Uut.

Indukan Betina BT lagi angkrem
Indukan Betina Bonsai BF

Untuk jumlah indukan saat ini Om Uut telah memiliki 2 pasang indukan produktif dan beberapa anakan yang sengaja disimpan untuk calon indukan selanjutnya. Memang jika dilihat dari sisi jumlah untuk 2 pasang ini belum bisa dikategorikan peternak besar, tapi tentu memiliki sisi positif lainnya yaitu lebih fokus dan hasil produksi lebih maksimal. 

“Untuk sampai hari ini saya sebenarnya belum terlalu mengejar produksi, tapi lebih kepada menuntaskan hasrat untuk beternak (breeding is passion) serta challange my self,” tutup Om Uut.

Galeri Foto Bonsai BF:

Indukan BT Bonsai BF sedang meloloh anakan
Indukan BT Bonsai BF sedang meloloh anakan
Sesi penjemuran
Sesi penjemuran
Anakan BT yang baru menetas
Anakan BT yang baru menetas
Om Priya Uthama (Uut) owner Bonsai BF
Om Priya Uthama (Uut) owner Bonsai BF

Buat rekan-rekan yang ingin bertukar fikiran atau ilmu seputar beternak ataupun mungkin ingin membeli anakan BT dari Farm BONSAI BF ini bisa kontak langsung dengan Om Priya Uthama (Uut) di:

=== FB: Priya Uthama | Phone: 0856.9399.6333 ===

Bintaro – Tangerang Selatan

(*Semoga Bermanfaat…)

Related Post