Perawatan Anakan Burung Kenari ala Om Angga SKC JGJ BF

Viewer:32652

Merawat anakan burung kenari tentu bukanlah perkara yang mudah buat mereka yang baru pertama kali memeliharanya. Umumnya para pemula tertarik untuk membeli anakan (piyik) karena harganya yang lebih terjangkau dikarenakan masih muda, selain itu karena termotivasi untuk belajar memasteri (di masteri/di isi dengan suara master seperti Blackthroat, Sanger, Ciblek, dllnya) sehingga nanti dewasanya memiliki lagu kicauan yang unik.

Anakan Kenari SKC JGJ BF
Anakan Kenari SKC JGJ BF

Tapi, tidak semuanya memahami betul bahwa di usia muda (28 – 60 hari) anakan kenari masih tergolong rentan, baik terhadap pola perawatan yang seadanya, cuaca, pakan dan faktor lainya yang bisa menyebabkan anakan burung kenari tidak bisa bertahan hidup lebih lama. 

Nah, berikut ini akan kami hadirkan beberapa tips (pola perawatan) dari Om Angga SKC JGJ BF dalam merawat anakan Burung Kenari yang disesuaikan dengan perawatan harian yang ada di kandang Sekar Kencana Canary – SKC JGJ BF: (Waktu dibagi menjadi 2 bagian, pagi dan sore)

PAGI HARI (06 – 9.30)

A. SIAPKAN DULU KEBUTUHAN PAKANNYA (06.00)

Anakan kenari di usia 28 – 60 hari biasanya lebih doyan mengkonsumsi jagung muda, kuning telur puyuh, daun sayur sawi (ijo, sendok, selada) serta tetap didampingi dengan pakan bijiannya. Ketiga jenis pakan tersebut (jagung, telur dan sayur) selain lebih mudah dicerna untuk anakan kenari yang baru dipisah dari indukan dan belajar mandiri, tentu sangat bagus untuk perkembangan tubuh mereka.

Jagung Muda

Jagung Muda yang sudah dicacah bagian kulit luarnya
Jagung Muda yang sudah dicacah bagian kulit luarnya

Porsi tidak perlu berlebihan jika hanya untuk 1 ekor anakan, cukup dengan lebar 3 jari orang dewasa yang kulit luar nya bisa dicacah dulu agar lebih mudah dan cepat di makan oleh anakan.

Telur Puyuh Rebus

Telur Puyuh Rebus Pagi dan Sore
Telur Puyuh Rebus Pagi dan Sore

Untuk 1 ekor anakan 1 butir telur sudah sangat cukup untuk beberapa jam ke depan (06.00 – 15.00). Dibelah 2 terlebih dahulu, lalu bisa diselipkan menggunakan lidi di antara jeruji sangkar atau bisa ditaruh pada cepuk khusus.

Sayur Sawi Ijo

Sayur Sawi Ijo untuk anakan kenari
Sayur Sawi Ijo untuk anakan kenari

Pemberian sayur dianjurkan diberikan ketika selesai dijemur, agar sayur tidak layu/kering dulu. Sebelum diberikan ke anakan, sebelumnya sayur harus dicuci bersih atau bisa direndam dulu di air -/+ 30 – 60 menit lamanya. Porsi (besar/lebar daun) tidak lebih dari telapak orang dewasa/hari. Dan khusus diberikan ketika cuaca sedang bagus (cerah), jika sedang musim hujan (dingin) porsi bisa dikurangi atau tidak diberikan dulu tidak apa-apa.

Pakan Bijian

Pakan bijian adalah pakan utama burung kenari, yang biasanya terdiri dari canary seed, milet merah/putih, biji sawi dan niger seed.

Produk Pakan Spesial Gacor Spesial Budidaya_Sekar Kencana Canary
Produk Pakan Spesial Gacor Spesial Budidaya

Nah, sangat kami anjurkan anda memberikan pakan SPESIAL GACOR (jika anakan tersebut jantan) karena pakan ini bisa membantu anakan kenari agar lebih cepat ngeriwik, lebih cepat mecah suara dan tentunya dari sisi kecukupan gizi dan nutrisi sangat komplit, anakan kenari lebih sehat dan daya tahan tubuh cenderung lebih baik. Jika itu anakan betina bisa anda berikan pakan SPESIAL BUDIDAYA.

B. MEMULAI KEGIATAN SEHAT (6.30 – 7.00)

Ganti alas Koran / mencuci alas yang berupa karpet

Setelah pakan utama telah selesai diberikan, lalu selanjutnya anda bisa mulai membersihkan sangkar. Dimulai dari mengganti alas koran dengan yang baru serta membersihkan sisa pakan yang kadang nempel di jeruji dengan kuas. Agar lebih maksimal, secara berkala (2 minggu sekali) anda juga bisa mencuci sangkar hariannnya, agar sangkar selalu bersih dan pastinya kesehatan anakan burung kenari lebih terjaga.

Memandikan Anakan (Disarankan untuk mandi sendiri)

Anda bisa memberikan cepuk khusus untuk mandi & tidak dianjurkan disemprot langsung, karena kondisi tubuh anakan kita tidak tahu secara pasti, mengingat burung sangatlah pintar menutupi sisi lemahnya.

Mandi merupakan naluri, jadi biarkan anakan mandi dengan sendirinya. Jadwal mandi bisa anda jadwalkan sendiri, misal dalam seminggu 2 atau 3 kali. (Mandi bisa berbarengan dengan penjemuran)

C. PENJEMURAN RUTIN (7.00 – 9.00)

Lamanya penjemuran cukup selama 30 – 60 menit saja setiap pagi atau diusahakan tidak lebih dari jam 9 pagi karena panasnya sudah terasa beda. Jika mulai terlihat anakan sudah mulai buka paruh atau gelisah sudah bisa dipindahkan ke tempat yang teduh (artinya durasi penjemuran tidak baku, bisa Cuma 15 menit, atau cuma 30 menit saja).

Penjemuran Kenari
Penjemuran Kenari

Jika dijemur berlebihan, anakan sangat mudah terkena HEAT STRESS dan bisa berlanjut ke HEAT STROKE. Heat Stress adalah suatu kondisi di mana burung mengalami dehidrasi, dibarengi dengan kehilangan banyak energi dan rentan mengalami kelumpuhan atau bahkan kematian.

Catt:

  • Sangat disarankan untuk tidak melakukan penjemuran jika cuaca sedang mendung atau angin sedang berhembus dingin.
  • Selesai dijemur jangan lupa untuk anginkan dulu di tempat yang teduh sebentar (15’an menit), setelah itu bisa dimasukan ke dalam ruangan rumah dengan sirkulasi udara yang baik.

D. ISTIRAHAT SIANG dan AKTIVITAS BEBAS (9.30/10.00 – 15.00)

Selesai dianginkan anakan kemudian dimasukin ke dalam ruangan yang teduh serta aman dari predator ataupun tangan jahil. Sangat disarankan untuk TIDAK ditaruh di luar ruangan misal teras, samping rumah yang terkena terpaan angin secara langsung apalagi dalam kondisi mendung, karena akan sangat mudah terkena penyakit (flu, mencret, dll).

Di dalam ruangan ini biarkan saja anakan berakvitas sesuka hati: makan, belajar berkicau, dllnya. Selama jam istirahat ini juga bisa ditempel dengan kicauan burung lain seperti master isian Blackthroat, Sanger, Ciblek, dll.

Atau jika ingin tetap dengan kicauan standar ya cukup ditemani dengan minimal 1 ekor kenari yang sudah cukup gacor, selain mengajari agar cepat belajar ngeriwik / bunyi, kehadiran teman berkicau tentu akan membuat anakan tidak mudah stress.

Catt: Jika cuaca sedang hujan (kondisi dingin), sebaiknya anakan di kerodong !

SORE HARI (15.00 / 16.00)

Setelah anakan berakvitas cukup lama di dalam ruangan, waktu sore hari bisa dianginkan sebentar di luar ruangan (teras rumah, di halaman), 15 – 30 menit dirasa sangat lah cukup. Selain memberikan suasana yang berbeda, pergantian udara dari dalam dan luar ruangan tentunya membuat anakan kenari lebih fresh. Asal tetap memperhatikan kondisi cuaca, jika hujan/mendung sebaiknya tetap di dalam ruangan.

Nah, sembari menunggu anakan yang sedang dianginkan tadi, anda bisa melakukan aktivitas tambahan yaitu membersihkan sisa pakan pagi tadi: jagung (sudah basi), sayur (habis atau sudah layu), telur (habis atau sudah bau amis). Karena sudah sejak jam 6 pagi diberikan tentunya jika masih ada di dalam sangkar pada sore harinya sangat tidak baik untuk kesehatan anakan.

Lalu anda bisa kembali memberikan yang baru lagi untuk konsumsi sore sampai keesokan pagi harinya lagi, cukup berupa jagung dan telur puyuh rebus (porsi yang sama dengan waktu pagi hari), untuk sayur sawi tidak perlu diberikan lagi.

Catt:

  • Kegiatan memberikan makan pada waktu pagi dan sore hari ini (khusus jagung & telur puyuh) bisa anda lakukan selama anakan belum lancar makan bijian. Jikapun sudah lancar bisa anda teruskan sampai dengan usia 60 hari (2 bulan), agar perkembangan tubuh anakan bisa lebih pesat terbentuk.
  • Setelah usia di atas 60 hari, pemberian jagung dan telur cukup di pagi hari saja. Bisa anda berikan secara berkala artinya telur tidak perlu setiap hari, misal cukup 3 x seminggu. Untuk jagung pun bisa anda selang seling dengan buah apel.

Istirahat sore – malam

Setelah beres mengganti pakan (jagung dan telur puyuh) dan waktu menganginkan anakan sudah selesai (sekitar jam 16.00 sore), sebaiknya anakan bisa dikerodong agar bisa beristirahat kembali. Taruh ditempat yang nyaman (tidak pengap) dan pastinya aman dari tangan jahil dan predator seperti kucing, tikus, cicak dllnya.

Kerodong diwaktu istirahat sore - malam dan ketika cuaca hujan - dingin
Kerodong diwaktu istirahat sore – malam dan ketika cuaca hujan – dingin

Jika semua cara perawatan di atas bisa diterapkan dengan baik, Insyaallah anakan kenari akan tetap sehat & terjaga keberlangsungan hidupnya. Selebihnya nanti hanya soal KESABARAN & KONSISTEN dalam merawat anakan kenari tersebut.

Semoga bermanfaat. (*Sekar Kencana Media)

Related Post