Latpres PPK 1 Parikesit “Maret Happy”: Kenari Pesona Kencana Double Winner, Glory Terbaik di Kalitan

Viewer:1857

Dalam bulan Maret 2015 ini khususnya tanggal 22 kemarin banyak sekali event atau lomba burung yang digelar di beberapa kota di Indonesia, salah satunya adalah Latpres PPK 1 Parikesit – Klaten yang rutin diadakan di Balai Desa Dompyongan, Jogonalan – Klaten dengan tajuk “Maret Happy” sukses menarik minat para kenari mania dari wilayah Klaten, Yogyakarta dan beberapa kota sekitarnya, Minggu (22/3).

Suasana Lomba ala Papburi pada lomba Latpres PPK 1 Parikesit
Suasana Lomba ala Papburi pada lomba Latpres PPK 1 Parikesit 22 Maret 2015

Panitia lomba dalam event kali ini membuka sebanyak 5 kelas utama yaitu:

  • Kenari Bintang (Standard) dengan tiket Rp. 100.000,-
  • Kenari Favorit (Standard) dengan tiket Rp. 50.000,-
  • Kenari Sejati (Kalitan/Kecil) dengan tiket Rp. 80.000,-
  • Kenari BOB (Isian) dengan tiket Rp. 80.000,-
  • Kenari Standar Ring Papburi Klaten dengan tiket Rp. 30.000,-

Lomba tepat dimulai jam 10.00 wib, dimana untuk urutan pertama diadakan kelas tambahan dari pihak panitia yaitu khusus kenari panitia PPK 1 Parikesit itu sendiri. Dan setelah itu sekitar jam 11.00 wib barulah digelar lomba para peserta yang dimulai terlebih dahulu dengan kelas Kenari Favorit.

Pada kelas Favorit jumlah peserta full alias penuh, satu persatu peserta lomba menaikkan kenari jagoannya dalam babak penyisihan, yang kemudian akan diambil 10 kenari terbaik sesuai dengan perolehan point tertinggi yang nantinya akan mengikuti babak final. 

Dengan volume yang tembus, durasi lagu yang panjang, kerajinan berkicau serta gaya penampilan yang ciamik, tak ayal Kenari Pesona Kencana sukses sabet point tertinggi di babak final pada kelas Favorit, menyisihkan kenari Harmoni milik Om Yogi Dara BF Klaten yang harus puas di posisi ke 2, dan Kenari Begal di posisi ke 3.

Kenari Prestasi F3YS "PESONA KENCANA" - SKC JGJ BF
Kenari Pesona Kencana Double Winner #1 di Kelas Favorit & Bintang

Pada kelas Kalitan Sejati, kenari milik Om Welly/Ngi-ngi dari Klaten tampil paling menonjol sejak babak penyisihan dengan volume di atas rata-rata, akhirnya menjadi yang terbaik dalam babak final, sukses menyisihkan Kenari PCW Junior besutan Rising Star Klaten. 

Kenari Glory milik Om Welly-Ngi-ngi raih juara 1 di kelas kenari Std Kalitan
Kenari Glory milik Om Welly-Ngi-ngi raih juara 1 di kelas kenari Std Kalitan

Pada separuh waktu lomba, sempat terjadi hujan yang sangat deras mengguyuri area lomba disertai angin kencang, namun berhubung lomba diadakan di dalam gedung, tidak membuat khawatir para peserta lomba dan lomba tetap berjalan sesuai urutan yang akan dimainkan.

Sayangnya pada sesi terakhir di kelas utama yaitu Kenari Bintang jumlah peserta tidak penuh, hanya ada sekitar 28-29 burung saja dalam babak penyisihan. Artinya tidak diadakan babak final dan para pemenang ditentukan berdasarkan perolehan point tertinggi pada babak penyisihan. 

Kenari Pesona Kencana yang di kawal oleh Om Yogi & Om Angga dari SKC JGJ TEAM masih menjadi yang terbaik di kelas ini (Bintang) dengan perolehan point 26.16, lalu disusul oleh Kenari Harmoni milik Om Yogi Dara BF Klaten pada posisi ke 2. Sebelum meraih juara di Latpres PPK 1 Parikesit, Pesona Kencana seminggu sebelumnya juga sukses juara 1 & juara 3 dalam gelaran Latpres 1’st Anniversary Caponiery Suara Alam 15 Maret 2015

Om Angga SKC JGJ TEAM sukses bersama Kenari Pesona Kencana raih Double Winner Juara 1 di Std Favorit dan Std Bintang
Om Angga SKC JGJ TEAM sukses bawa Kenari Pesona Kencana raih Double Winner Juara 1 di Std Favorit dan Std Bintang

Secara keseluruhan lomba yang digelar oleh Panitia PPK 1 Parikesit yang diketuai oleh Om Kelik Jenggot ini berjalan dengan lancar, dimana tidak adanya protes dari para peserta. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan sistem penilaian yang dilakukan menggunakan ala Papburi, setiap sesi hanya ada 10 burung yang dinilai oleh 4 juri, tentu kerja burung lebih terpantau.

Informasi selanjutnya yang kami dapat dari salah satu panitia, PPK 1 Parikesit akan kembali menggelar event besar lainnya pada pertengahan bulan Mei 2015 nanti. (*Sekar Kencana Media)

Galeri Foto Latpres PPK 1 Parikesit “Maret Happy”, 22 Maret 2015:

Suasana para penonton lomba, santai dan tenang
Suasana para peserta dan penonton lomba, santai dan tenang, tidak ada yang berteriak
Thropy para jawara di Latpres PPK 1 Parikesit 22 Maret 2015
Thropy para jawara di Latpres PPK 1 Parikesit 22 Maret 2015
Dara BF Klaten dengan Kenari Harmoni sukses nyeri juara 2 di kelas kenari Std
Dara BF Klaten dengan Kenari Harmoni sukses nyeri juara 2 di kelas kenari Std
Om Indra PKJ tetap stabil di jalur juara
Om Indra PKJ tetap stabil di jalur juara
Panitia Lomba PPK 1 Parikesit Klaten
Panitia Lomba PPK 1 Parikesit Klaten

Sumber Foto: FB Papburi Klaten

Related Post