Inilah 6 Keuntungan Menyimpan Anakan Kenari Betina

Viewer:8891

Beternak burung kenari tidak serta merta berbicara hanya soal kawin lalu panen dan selanjutnya dijual, tapi ada banyak hal penting lainnya yang sebenarnya harus kita pikirkan. Salah satunya adalah bagaimana caranya agar farm peternakan yang kita kembangkan ini semakin terus maju berkembang dan yang paling penting harus mampu bertahan di kerasnya persaingan para peternak yang notabene sudah menjamur di beberapa kota di Indonesia (menjaga eksistensi).

Anakan Kenari Betina yang disimpan dan tak lama lagi siap jadi indukan di Farm SKC JGJ BF
Anakan Kenari Betina yang disimpan dan tak lama lagi siap jadi indukan di Farm SKC JGJ BF

Untuk menjaga proses ternak secara jangka panjang ini tentu awalnya sudah harus didasari oleh hobi, cinta atau rasa sayang terhadap burung mungil nan cantik ini “kenari”. Punya dana yang besar pun tidak akan bisa menjamin anda mampu bersaing dengan peternak lainnya yang sudah punya nama besar dan telah memiliki kredibilitas kepercayaan yang tinggi dari para pelanggan, kecuali kita selaku peternak punya manajamen yang tepat serta pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni. Baca juga: 6 Rencana Penting Sebelum Memutuskan Beternak Burung Kenari

Sample Anakan Betina Ring SKC JGJ BF
Sample Anakan Betina Ring SKC JGJ BF

Berikut ini akan kami uraikan 6 keuntungan menyimpan anakan kenari betina sebagai salah satu faktor penunjang eksistensi (bisa bertahan secara jangka panjang):

1. REGENERASI (Peremajaan)

Regenerasi atau lebih umumnya kita sebut sebagai peremajaan materi calon indukan adalah salah satu hal penting yang harus kita rencanakan sejak awal memulai beternak burung kenari. 2 alasan pentingnya adalah:

  • Pada periode selanjutnya (7-8 bulan atau 1 tahun) ke depan anda sudah tidak perlu repot lagi untuk mencari/membeli bahan calon indukan, yang mungkin dari sisi silangan/trah, usia dan kesehatan kurang bisa dipertanggung jawabkan. Mengaku peternak tapi kok kerja nya cuma beli beli dan beli terus, mau sampai kapan ?!? :)
  • Materi indukan yang sebelumnya juga perlu masa istirahat, masa mabung dan batasan masa usia produktif, tentu dengan kemampuan anda bisa menyimpan hasil anakan kenari betina, hal ini bisa mengatasi kendala tersebut dikarenakan sudah ada calon indukan berikutnya.

2. HEMAT

Ya, anda tentu jauh lebih hemat pada waktu yang akan datang karena tidak perlu repot lagi untuk mengeluarkan dana dalam membeli calon indukan betina. Dana hasil penjualan anakan jantan bisa anda tabung atau bisa anda gunakan untuk mengupgrade jenis pejantan dllnya. Ibarat kata pepatah: “Bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian” !

Anda sudah bisa merencanakan misal dalam setiap tahun minimal 10 ekor anakan kenari betina yang disiapkan untuk dipakai pada tahun selanjutnya. Sehingga pada tahun selanjutnya anda juga tidak perlu memikirkan harus membeli calon betina lagi.

3. TABUNGAN SAMPINGAN (Aset)

Apakah anda tidak pernah berfikir jika “kebutuhan” terkadang selalu datang tidak terduga alias tiba-tiba ? Nah, anakan kenari betina yang telah kita simpan sekian banyak tersebut  (sebut saja ada 10 – 20 ekor) bisa anda seleksi untuk dijual (misal: cukup dijual sebanyak 5 ekor saja) untuk mendapatkan dana segar. 

Jadi anda sudah tidak perlu lagi menjual kenari pejantan atau menarik uang tabungan di bank dllnya, dikarenakan anda memiliki tabungan dari aset sampingan tersebut.

4. HASIL PRODUKSI LEBIH BERKUALITAS (Materi Pilihan dan Terseleksi)

Kenari anakan yang kita produksi sendiri dan yang telah dirawat sejak kecil, tentu kita telah paham karakternya seperti apa, dari pejantan manakah dan dari indukan betina manakah kemarin diproduksi, seperti apa gizi pakan yang diberikan setiap harinya.

Kita bisa memilih yang mana sekiranya yang baik dan paling berkualitas dari segi bibit, bebet dan bobot. Tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kita selaku peternak. Apalagi anakan kenari betina tersebut merupakan anakan dari persilangan kenari pejantan (prestasi), tentu untuk kedepannya memiliki prospek yang baik pula, walau tidak menjadi jaminan 100%, tapi setidaknya mendekati.

Untuk perihal gizi pakan harian dan utama, sangat kami anjurkan anda memberikan pakan SPESIAL GACOR (jika anakan tersebut jantan) karena pakan ini bisa membantu anakan kenari agar lebih cepat ngeriwik, lebih cepat mecah suara dan tentunya dari sisi kecukupan gizi dan nutrisi sangat komplit, anakan kenari lebih sehat dan daya tahan tubuh cenderung lebih baik. Jika itu anakan betina bisa anda berikan pakan SPESIAL BUDIDAYA.

Produk Pakan Spesial Gacor Spesial Budidaya_Sekar Kencana Canary
Produk Pakan Spesial Gacor Spesial Budidaya

5. UJUNG TOMBAK PETERNAKAN

Banyak yang menyepelekan kenari betina dikarenakan masih banyak pula peternak yang berfikir bahwa kenari pejantan adalah yang paling dominan atau paling penting. 3 pertanyaan di bawah ini mungkin akan membantu membuka cara fikir anda:

  • Siapa yang nanti akan angkrem ? Jawab: KENARI BETINA
  • Siapa yang akan meloloh anakannya ? Jawab: KENARI BETINA (Apalagi dengan sistem kawin cabut)
  • Siapa yang akan merawat anakan sampai dipanen ? Jawab: KENARI BETINA

Jadi apakah peran kenari betina tidak penting ?!? 1000% penting banget dan justru kenari betina lah yang menjadi ujung tombak keberhasilan suatu peternakan burung kenari. 

Baca juga: Kenali Lebih Dekat 6 Proses Berkembang Biak Burung Kenari

6. KEBANGGAAN (Menjadi Kepuasan Tersendiri)

Peternak manakah yang tidak bangga jika melihat apa yang dikerjakan dengan susah payah selama ini pada akhirnya berbuah hasil ? :) Apalagi semua kenari yang ada dipeternakan adalah hasil dari produksi kita sendiri, tentu bukan main rasa kepuasaan yang hadir dalam hati kita. Point no 6 ini akan berhubungan langsung pada point no 4. 

Semoga bermanfaat… (*Sekar Kencana Media)

Related Post