Indentitas Ring SKC JGJ BF “Sekar Kencana Canary”

Viewer:3561

Keberadaan peternak burung kenari di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Di setiap daerah hampir dipastikan ada peternak burung kenari, mengingat saat ini telah didukung oleh semakin ramainya lomba burung berkicau, selain itu juga permintaan anakan ataupun materi indukan serta materi kenari untuk lapangan masih sangat banyak.

Nah, salah satu peternak kenari yang masih terus berkembang hingga sekarang yaitu SEKAR KENCANA CANARY – SKC JGJ BF milik Om Angga yang berlokasi di Yogyakarta. Telah sejak akhir tahun 2011 farm ini dikembangkan. Beberapa ulasan tentang Om Angga & farmnya juga mungkin sudah banyak dibaca di 2 media online kicau mania ternama yaitu Om Kicau & Ronggolawe.

Profile SEKAR KENCANA CANARY di Om Kicau
Profile Sekar Kencana Canary di Om Kicau
Profile Sekar Kencana Canary di Ronggolawe.Info
Profile Sekar Kencana Canary di Ronggolawe

Sejarah nama SEKAR KENCANA CANARY yang disingkat SKC kemudian ditambah dengan kode JGJ (Jogja) BF (Bird Farm), awalnya terinspirasi dari nama anak perempuan Om Angga yaitu “Sekar Kencana Anandasona”, lalu tercetuslah ide untuk dijadikan nama Farm yaitu SEKAR KENCANA CANARY – SKC JGJ BF. Kemudian untuk memperkuat indentitas maka dibuatlah ring anakan hasil breeding Om Angga yang berkode “SKC JGJ BF”.

“Ring merupakan indentitas penting untuk suatu penangkaran, karena dari situlah nanti akan menimbulkan rasa percaya dari para pembeli atas kualitas penangkaran kita, selain ditunjang dengan materi pilihan serta kejujuran kita selaku peternaknya,” tutur Om Angga.

Ring SKC JGJ BF terdiri dari 3 warna yang berbeda, yaitu Oranye Kemerahan untuk anakan jenis AF, Pink (merah jambu) untuk anakan jenis F1, Ungu untuk anakan jenis F2. Namun dari memulai ternak hingga sekarang yang menjadi fokus Om Angga yaitu pada jenis AF bukan seri F, karena hampir 90% dari total anakan yang sudah dikeluarkan adalah jenis AF.

Ring Oranye Kemerahan untuk anakan jenis AF
Ring Oranye Kemerahan untuk anakan jenis AF
Ring Pink (Merah Jambu) untuk anakan jenis F1
Ring Pink (Merah Jambu) untuk anakan jenis F1
Ring Ungu untuk anakan jenis F2
Ring Ungu untuk anakan jenis F2

“Jenis AF buat saya jauh lebih menggoda, lebih familiar di mata konsumen & dari segi body postur juga tidak kalah berkualitas dengan seri F (dari YS), kalau soal harga ini relatif  karena umumnya harga bawa rupa, toh pembeli juga saat ini sudah cerdas semua, mereka bisa memilih yang menurut mereka cocok dengan hati mereka,” tandas om Angga.

Anakan Kenari AF Ring SKC JGJ BF Kode 198
Anakan Kenari AF Ring SKC JGJ BF Kode 198

Dengan adanya kode Ring itu akan memudahkan mereka yang ingin mengkroscek silsilah anakan tersebut, kapan tanggal netasnya & dari silangan apa indukannya. “Karena harap maklum saya sudah sering menemukan kasus anakan AF saya diakuin pihak lain (biasanya setelah burung berada ditangan ke 3 dstnya) naik tingkat menjadi seri F, kan kasihan buat yang beli selanjutnya,” tutup Om Angga.

Kesimpulan akhirnya adalah keberadaan Ring menjadi sangat vital dalam suatu penangkaran, karena dari  situlah penangkaran yang dikembangkan bisa banyak dikenal oleh orang lain, apalagi anakan-anakan yang telah dibeli oleh para pelanggan setelah dewasa bisa jadi jawara dilapangan, atau bisa berproduksi dengan lancar, tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri  untuk para peternaknya.  (*Sekar Kencana Media)

Semoga bermanfaat….

Related Post